Semar ( Panutan Kehidupan Manusia di Dunia )


Semar adalah putra Sanghyang Tunggal dan Dewi Wiranti. Ia mempunyai dua saudara yaitu Sanghyang
Antaga (Togog) dan Sanghyang Manikmaya (Batara Guru). 3 bersaudara itu berasal dari telur yang bercahaya. Ketika dipuja oleh Sanghyang Tunggal telur itu pecah kulitnya menjadi Togog, putihnya menjadi Semar dan kuningnya menjadi Batara Guru. Pada waktu di kahyangan Semar bernama Sanghyang Ismaya dan mempunyai istri Kanastri. Berputra sepuluh orang.

MAYA adalah sebuah cahaya hitam. Cahaya hitam tersebut untuk menyamarkan segala sesuatu.

Yang ada itu sesungguhnya tidak ada.
Yang sesungguhnya ada, ternyata bukan.
Yang bukan dikira iya.
Yang wanter (bersemangat) hatinya, hilang kewanterane (semangatnya), sebab takut kalau keliru.
Maya, atau Ismaya, cahaya hitam, juga disebut SEMAR artinya tersamar, atau tidak jelas.

Semar diberi anugerah mustika manik astagina, yang mempunyai 8 daya, yaitu:

-tidak pernah lapar
-tidak pernah mengantuk
-tidak pernah jatuh cinta
-tidak pernah bersedih
-tidak pernah merasa capek
-tidak pernah menderita sakit
-tidak pernah kepanasan
-tidak pernah kedinginan

kedelapan daya tersebut diikat pada rambut yang ada di ubun-ubun atau kuncung. Semar atau Ismaya, diberi beberapa gelar yaitu; Batara Semar, Batara Ismaya, Batara Iswara, Batara Samara, Sanghyang Jagad Wungku, Sanghyang Jatiwasesa, Saronsari, Ki lurah Badranaya, Nayantaka, Puntaprasanta, Bojagati, Wong Boga Sampir, Sanghyang Suryakanta. Ia diperintahkan untuk menguasai alam Sunyaruri, atau alam kosong, tidak diperkenankan menguasi manusia di alam dunia.

Di alam Sunyaruri, Batara Semar dijodohkan dengan Dewi Sanggani putri dari Sanghyang Hening. Dari hasil perkawinan mereka, lahirlah sepuluh anak, yaitu: Batara Wungkuam atau Sanghyang Bongkokan, Batara Siwah, Batara Wrahaspati, Batara Yamadipati, Batara Surya, Batara Candra, Batara Kwera, Batara Tamburu, Batara Kamajaya dan Dewi Sarmanasiti. Anak sulung yang bernama Batara Wungkuam atau Sanghyang Bongkokan mempunyai anak cebol, ipel-ipel dan berkulit hitam. Anak tersebut diberi nama Semarasanta dan diperintahkan turun di dunia, tinggal di padepokan Pujangkara. Semarasanta ditugaskan mengabdi kepada Resi Kanumanasa di Pertapaan Saptaarga.

Dikisahkan Munculnya Semarasanta di Pertapaan Saptaarga, diawali ketika Semarasanta dikejar oleh dua harimau, ia lari sampai ke Saptaarga dan ditolong oleh Resi Kanumanasa. Ke dua Harimau tersebut diruwat oleh Sang Resi dan ke duanya berubah menjadi bidadari yang cantik jelita. Yang tua bernama Dewi Kanestren dan yang muda bernama Dewi Retnawati. Dewi Kanestren diperistri oleh Semarasanta dan Dewi Retnawati menjadi istri Resi Kanumanasa. Mulai saat itu Semarasanta mengabdi di Saptaarga dan diberi sebutan Janggan Semarsanta.

Sebagai Pamong atau abdi, Janggan Semarasanta sangat setia kepada Bendara (tuan)nya. Ia selalu menganjurkan untuk menjalani laku prihatin dengan berpantang, berdoa, mengurangi tidur dan bertapa, agar mencapai kemuliaan. Banyak saran dan petuah hidup yang mengarah pada keutamaan dibisikan oleh tokoh ini. Sehingga hanya para Resi, Pendeta atau pun Ksatria yang kuat menjalani laku prihatin, mempunyai semangat pantang menyerah, rendah hati dan berperilaku mulia, yang kuat di emong oleh Janggan Semarasanta. Dapat dikatakan bahwa Janggan Semarasanta merupakan rahmat yang tersembunyi. Siapa pun juga yang diikutinya, hidupnya akan mencapai puncak kesuksesan yang membawa kebahagiaqan abadi lahir batin. Dalam catatan kisah pewayangan, ada tujuh orang yang kuat di emong oleh Janggan Semarasanta, yaitu; Resi Manumanasa sampai enam keturunannya, Sakri, Sekutrem, Palasara, Abiyasa, Pandudewanata dan sampai Arjuna.

Jika sedang marah kepada para Dewa, Janggan Semarasanta katitisan oleh eyangnya yaitu Batara Semar. Jika dilihat secara fisik, Semarasanta adalah seorang manusia cebol jelek dan hitam, namun sesungguhnya yang ada dibalik itu ia adalah pribadi dewa yang bernama Batara Semar atau Batara Ismaya.

Karena Batara Semar tidak diperbolehkan menguasai langsung alam dunia, maka ia memakai wadag Janggan Semarasanta sebagai media manitis (tinggal dan menyatu), sehingga akhirnya nama Semarasanta jarang disebut, ia lebih dikenal dengan nama Semar.

Seperti telah ditulis di atas, Semar atau Ismaya adalah penggambaran sesuatau yang tidak jelas tersamar.

Yang ada itu adalah Semarasanta, tetapi sesungguhnya Semarasanta tidak ada.
Yang sesungguhnya ada adalah Batara Semar, namun ia bukan Batara Semar, ia adalah manusia berbadan cebol,berkulit hitam yang bernama Semarasanta.
Memang benar, ia adalah Semarasanta, tetapi yang diperbuat bukan semata-mata perbuatan Semarasanta.

Jika sangat yakin bahwa ia Semarasanta, tiba-tiba berubah keyakinan bahwa ia adalah Batara Semar, dan akhirnya tidak yakin, karena takut keliru. Itulah sesuatu yang belum jelas, masih diSAMARkan, yang digambarkan pada seorang tokoh Semar.

SEMAR adalah sebuah misteri, rahasia Sang Pencipta. Rahasia tersebut akan disembunyikan kepada orang-orang yang egois, tamak, iri dengki, congkak dan tinggi hati, namun dibuka bagi orang-orang yang sabar, tulus, luhur budi dan rendah hati. Dan orang yang di anugerahi Sang Rahasia, atau SEMAR, hidupnya akan berhasil ke puncak kebahagiaan dan kemuliaan nan abadi.

Semar berwatak : sabar, jujur, ramah, suka humor. Setelah turun dari kahyangan ia menjadi abdi (panakawan) yang selalu memberi bimbingan bagi para kesatria. Pada waktu di kahyangan ia seorang yang tampan tapi setelah menjadi semar, dan turun ke arcapada (dunia) badannya menjadi gendut, pendek, dan berwajah lucu karena matanya selalu berair.
Diceritakan pada waktu Antaga, Ismaya, dan Manikmaya mengikuti sayembara menelan gunung."Barang siapa yang mampu menelan gunung kemudian mengeluarkan lewat duburnya maka akan mampu menjadi raja di tiga dunia (jagad luhur, madya, andhap). Antaga mencoba, tetapi tidak bisa malah mulutnya sobek dan matanya melotot. Sedangkan Ismaya dapat menelan gunung tapi tidak bisa mengeluarkannya sehingga perutnya buncit, menjadi besar dan matanya berair ( karena menahan sakit ). Sanghyang Manikmaya berhasil menelan gunung, ia diangkat menjadi raja di Kaendran atau Suralaya, juga menguasai jagad madya dan jagad andhap. Kemudian Ismaya ditugaskan oleh Sanghyan Wenang untuk turun ke bumi menjadi abdi para kestaria keturunan Witaradya termasuk leluhur pandawa.
Semar bertempat tinggal di Karang Kedempel, dengan nama semar Badranaya, dan mengangkat anak tiga orang yaitu : Gareng, Petruk dan Bagong. Semar, Gareng, Petruk dan Bagong disebut Punakawan, yang mempunyai arti teman yang setia. Punakawan selalu ikut kesatria yang membela kebenaran, dan selalu menjadi penghibur apabila junjungannya sedang sedih. Semar juga dapat menjadi sarana ketentraman dan kemuliaan bagi negara yang ditempatinya. Pandawa telah menganggap Semar seperti penasihatnya. Pandawa tahu bahwa Semar adalah dewa yang turun ke bumi untuk keselamatan dan keadilan. Selain itu punya watak arif bijaksana, tidak suka marah, suka bercanda.
Punakawan, .. puna / pana artinya tahu.... kawan artinya teman. Punakawan artinya : tahu apa yang harus dilakukan ketika mendampingi tuannya (majikannya) dalam keadaan suka dan duka, penuh cobaan dan godaan untuk menuju arah kemuliaan.

Semar dalam bahasa Jawa (filosofi Jawa) disebut Badranaya
Bebadra = Membangun sarana dari dasar
Naya = Nayaka = Utusan mangrasul

Artinya : Mengemban sifat membangun dan melaksanakan perintah ROMO MAHASUCI demi kesejahteraan manusia

Javanologi : Semar = Haseming samar-samar
Harafiah : Sang Penuntun Makna Kehidupan

Semar tidak lelaki dan bukan perempuan, tangan kanannya keatas dan tangan kirinya kebelakang. Maknanya : "Sebagai pribadi tokoh semar hendak mengatakan simbul Sang Maha Tunggal". Sedang tangan kirinya bermakna "berserah total dan mutlak serta sekaligus simbol keilmuan yang netral namun simpatik".

Domisili semar adalah sebagai lurah karangdempel / (karang = gersang) dempel = keteguhan jiwa.

Rambut semar "kuncung" (jarwadasa/pribahasa jawa kuno) maknanya hendak mengatakan : akuning sang kuncung = sebagai kepribadian pelayan. Semar sebagai pelayan mengejawantah melayani umat, tanpa pamrih, untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan sabdo Mahasuci

Semar barjalan menghadap keatas maknanya : "dalam perjalanan anak manusia perwujudannya ia memberikan teladan agar selalu memandang keatas (sang Khaliq ) yang maha pengasih serta penyayang umat".

Kain semar Parangkusumorojo: perwujudan Dewonggowantah (untuk menuntun manusia) agar memayuhayuning bawono : menegakan keadilan dan kebenaran di bumi.

Ciri sosok semar adalah

- Semar berkuncung seperti kanak kanak,namun juga berwajah sangat tua
- Semar tertawanya selalu diakhiri nada tangisan
- Semar berwajah mata menangis namun mulutnya tertawa
- Semar berprofil berdiri sekaligus jongkok
- Semar tak pernah menyuruh namun memberikan konsekuensi atas nasehatnya

Kebudayaan Jawa (kejawen) telah melahirkan religi dalam wujud kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa, yaitu adanya wujud tokoh wayang Semar, jauh sebelum masuknya kebudayaan Hindu, Budha dan Islam di tanah Jawa.

Dikalangan spiritual Jawa ,Tokoh wayang Semar dipandang bukan sebagai fakta historis, tetapi lebih bersifat mitologi dan symbolis tentang KeEsa-an, yaitu: Suatu lambang dari pengejawantahan expresi, persepsi dan pengertian tentang Illahi yang menunjukkan pada konsepsi spiritual. Pengertian ini tidak lain hanyalah suatu bukti yang kuat bahwa orang Jawa sejak jaman prasejarah adalah Religius dan ber keTuhan-an yang Maha Esa.

Dari tokoh Semar wayang ini akan dapat dikupas ,dimengerti dan dihayati sampai dimana wujud religi yang telah dilahirkan oleh kebudayaan Jawa .

Semar (pralambang ngelmu gaib) - kasampurnaning pati, kasampurnaning sejati ning sejati..

25 komentar:

Caenk Ramos mengatakan...

owhh gitu,, sekarang jadi tau deh silsilah semar,, hatur nuhun min,,

Unknown mengatakan...

Terima kasih min? Sangat bernfaat bagi saya lebih detail' memang semar itu gak ada duanya untuk bimbingan jati diri

Unknown mengatakan...

Terima kasih min? Sangat bernfaat bagi saya lebih detail' memang semar itu gak ada duanya untuk bimbingan jati diri

Unknown mengatakan...

matur nuwun mas. membantu perbaiki persepsi semar yg samar, lebih kearah yg tepat. barokallah..

QuickBooks Payroll Support Phone Number mengatakan...

A lot of us resolves all of the QuickBooks Payroll Support Phone Number issue this sort of a fashion that you'll yourself feel that your issue is resolved without you wasting the time into it. We take toll on every issue by using our highly trained customer care

QuickBooks Payroll Support Phone Number mengatakan...

Very often client faces some typically common issues like he/she isn’t happy to open QuickBooks Enterprise Support Number it really is playing terribly slow, struggling to install and re-install, a challenge in printing checks or client reports.

Jamess mengatakan...

QuickBooks Support Phone Number Pro is some type of class accounting software which has benefited its customers with different accounting services.

steffan mengatakan...

It handles and manages business , payroll , banking even your all transaction as well . Reflects regarding the efficiency graph of business. Its not merely simple but in addition may be manage easily , accounting software which helps to manage finances smartly. The QuickBooks Technical Support Number is active at any hour for assistance.

JimGray mengatakan...

Let’s speak about our QuickBooks Enterprise Technical Support that will be quite exciting for you personally all. The advanced QuickBooks Desktop App for QuickBooks Support is now able to act as an ERP system beneficial for medium scale businesses. QuickBooks Desktop Enterprise is certainly not alike to pro, premier & online versions. Capacity and capability can be the reason behind this.

kevin32 mengatakan...

But, being a typical business person, taking care of professional accounting software, like QuickBooks 2019 Support PHone Number , is clearly certainly not easy. Thus, users may have to face an array of issues and error messages while using the software.

rdsraftaar mengatakan...

Whatever help you need, we provide QuickBooks payroll customer service for all. With our excellent QuickBooks Payroll Service Phone Number, our company is determined to become no. 1 Intuit Payroll support provider in a lot of countries.

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

Even although you are feeling that the full time is odd to call for help, just pick up your phone and dial us at QuickBooks Support Phone Number because we offer our support services 24*7. We believe that the show must go on and thus time will not be a concern for all of us because problems do not come with any pre-announcements.

kevin32 mengatakan...

To save some time and money in resolving the situation technically, try not to think twice to offer us a call at Choose QuickBooks Enterprise Tech Support Number.

Mathew mengatakan...

The name regarding the application is QuickBooks Tech Support Number. QuickBooks, particularly, doesn't have any introduction for itself. But one who is unknown to this great accounting software, we wish one to give it a try.

kevin32 mengatakan...

Our dedicated team is sure with you. These are typically surely working at any hour to assist and make suggestions if you run into any QuickBooks Support Phone Number error/s. Our QuickBooks Support team surely have in-depth knowledge regarding the issues and complications of QuickBooks.

QuickBooks Payroll Support Phone Number mengatakan...

Sometimes, many QuickBooks Technical Support Number unexpected issues such as for example simply associated with QuickBooks online accountant when they just grow their practice for business. And also, some issues related to QuickBooks company file, QuickBooks email service and heavy and unexpected QuickBooks error 1603 and many other things. So if that's the case, you simply require the most sophisticated & highly certified experts, therefore we have given you our excellent professional or experts team and they give you an instantaneous and extremely easy solution of your all issues or errors.

QuickBooks Support Phone Number mengatakan...

Call us at QuickBooks Tech Support Number to obtain remote desktop help for QuickBooks. There are numerous features in QuickBooks that makes the application which makes it accountant’s first choice. You are able to call our experts at QuickBooks Technical Support to obtain on-demand QuickBooks help by experts.

steffan mengatakan...

Hope now you realize that how exactly to connect with QuickBooks enterprise support phone number and QuickBooks Enterprise Phone Support. We have been independent alternative party support company for intuit QuickBooks, we would not have virtually any link with direct QuickBooks, the employment of name Images and logos on website only for reference purposes only.

Bryan Willson mengatakan...

The aforementioned solutions must certanly be sufficient in solving the QuickBooks Error Code 6000-301 and restoring your workflow. If you wish to know or are confused on any of the above-provided info, it is advisable to communicate with a technical expert at QuickBooks Desktop support phone number.

QuickBooks Payroll Support mengatakan...

The user can surely get generate real-time basis advanced reports by using QuickBooks. If a person is certainly not known for this feature, then, it is possible to call our QuickBooks customer Support Number. They will surely provide you with the necessary information to you.

kevin32 mengatakan...

Well, QB payroll is very user-friendly but while you know already about these software things you may face some technical problems whilst using QuickBooks Payroll Support Number solution. Check out common technical issues faced by users.

kevin2 mengatakan...

Since level of issues are enormous on occasion, QuickBooks Support Number could seem very basic to you personally so that as an effect could make you are taking backseat and you might not ask for virtually any help.

Mathew mengatakan...

Are you currently utilizing the software the first time? You can find some technical glitch. You'll have errors also. Where do you turn? Take assistance from us right away. QuickBooks Support Phone Number are going to provide full support to you. You can cope with the majority of the errors.

Blogsilly mengatakan...

This way, we hope you have been able to resolve your problem. In case, you still haven’t been able to do so, we would like to recommend you to contact our experts for their guidance and assistance. If you would like to learn how to Fix QuickBooks Error 9999, you can continue reading this blog.

Unknown mengatakan...

Baru tau sejarah semar.. tambah ilmu lagi. Sangat bermanfaat skali. Makasi y min.. 🖒🖒

Posting Komentar