SEDULUR PAPAT LIMA PANCER


Pancer adalah diri kita sendiri…sedulur papat kakang kawah, adi ari ari, getih, puser adalah merupakan saudara karena ikut lahir bersamaan dengan lahirnya diri kita. dan dianggap membawahi 4 nafsu.

sempat terbersit pertanyaan sederhana pada sahabat di suatu ketika dan jawaban dia sih sederhana saja…

kalo mau sedulur papat ini dekat dengan kita maka ajaklah sedulur 4 ini setiap kita mau makan, ngerokok, minum, tidur, bahkan ibadah.

PANCER adalah diri kita..
setiap manusia mempunyai empat saudara ketika masih berupa janin.
meraka menjaga pertumbuhan manusia didalam kandungan Ibu.

Anak pertama yaitu KETUBAN atau KAWAH, ketika Ibu melahirkan yang pertama keluar adalah ketuban karena itu dianggap sebagai Saudara Tua.

Setelah itu saudara kandung yang lebih muda yaitu ARI-ARI, Tembuni atau Plasenta pembungkus janin dalam rahim. ARI-ARI memayungi tindakan sang janin dalam perut Ibu yang mengantarkan sampai ke tujuan yaitu ikut keluar bersama sang bayi.

Berikutnya DARAH inipun saudara sang janin, tanpa adanya darah janin bukan saja tak bisa tumbuh tapi juga akan mengalami keguguran.

Saudara berikutnya yaitu PUSAR ia sebagai sarana yang menghantarkan zat makanan dari sang ibu kepada janin.

Umumnya orang menganggap bahwa KETUBAN, ARI-ARI, DARAH dan TALI PUSAR adalah wahana atau alat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin dalam perut. Begitu bayi dilahirkan semua itu akan dianggap tidak berfungsi lagi dan tak ada sangkut pautnya dalam kehidupan… dan yang demikian ini merupakan pandangan Materialistik padahal begitu besar maknanya dan pengertiannya bila dilihat dari sudut Metafisik. Saudara kita itulah yang menjaga kita dalam kehidupan ini yang kembali ke anasir bumi, air , udara dan api hanyalah ke empat jasadnya. namun dari segi spiritualnya masih menyertai kehidupan kita.

0 komentar:

Posting Komentar